
Benda hidup dan tak hidup
Memasuki tema baru. Kami belajar tentang makhluk Allah. Makhluk hidup dan tak hidup.
Bu guru bertanya tentang benda- benda yang ada di dalam kelas. Sebelumnya bu guru sudah menerangkan ciri-ciri makhluk hidup. Ada hewan, tumbuhan dan manusia. Bu guru hanya memberikan 5 ciri-ciri Makhluk hidup beserta gerakkannya.
1. Bernafas. Anak-anak memperaktekkan bernafas
2. Memerlukan makan dan minum, anak-anak pura-pura makan.
3. Bergerak, anak-anak bergerak
4. Berkembang biak. Anak-anak memperaktekkan ibu hamil.
5. Bertumbuh. Anak-anak menggerakkan tangannya keatas.
1. Bernafas. Anak-anak memperaktekkan bernafas
2. Memerlukan makan dan minum, anak-anak pura-pura makan.
3. Bergerak, anak-anak bergerak
4. Berkembang biak. Anak-anak memperaktekkan ibu hamil.
5. Bertumbuh. Anak-anak menggerakkan tangannya keatas.
Bu Guru : "buku termasuk benda hidup atau benda mati?"
Anak-anak : "benda mati bu"
Bu guru : "Kipas angin, hidup atau tak hidup?"
Sultan : "benda hidup bu"
Bu guru : "ok baik"
Zaki : " tak hidup bu."
Bu guru : "baik."
Bu guru : "sultan, kenapa kipas angin termasuk benda hidup?"
Sultan : " bisa bergerak bu."
Bu guru : "oiya? Bagaimana dengan Zaki? Mengapa benda mati?"
Zaki : "karena kipas angin tidak perlu makan dan minum bu."
Bu guru : "oohhh iya bagus."
Faruq mengangkat tangannya.
Bu guru : "kenapa faruq?"
Faruq : "Kipas angin tidak bisa melahirkan bu."
Bu guru : "oookk mantap"
Anak-anak : "benda mati bu"
Bu guru : "Kipas angin, hidup atau tak hidup?"
Sultan : "benda hidup bu"
Bu guru : "ok baik"
Zaki : " tak hidup bu."
Bu guru : "baik."
Bu guru : "sultan, kenapa kipas angin termasuk benda hidup?"
Sultan : " bisa bergerak bu."
Bu guru : "oiya? Bagaimana dengan Zaki? Mengapa benda mati?"
Zaki : "karena kipas angin tidak perlu makan dan minum bu."
Bu guru : "oohhh iya bagus."
Faruq mengangkat tangannya.
Bu guru : "kenapa faruq?"
Faruq : "Kipas angin tidak bisa melahirkan bu."
Bu guru : "oookk mantap"
Kalau tanaman termasuk benda hidup atau mati?
Anak-anak bengong. Mari ibu ajak melihat apakah tanaman termasuk benda hidup atau benda mati. Bu guru bertanya. Apakah tumbuhan perlu makan dan minum?
Perlu kata mereka serentak. Apakah tumbuhan bernafas? Mereka terdiam.
Baiklah ikuti yang ibu instruksikan. Kata bu guru. Bu guru membagikan pelastik kecil, untuk menutup daun. Ujung pelastik harus ditutup ya?
Nanti setelah zuhur kita lihat apa yang ada didalam pelastik.
Anak-anak bengong. Mari ibu ajak melihat apakah tanaman termasuk benda hidup atau benda mati. Bu guru bertanya. Apakah tumbuhan perlu makan dan minum?
Perlu kata mereka serentak. Apakah tumbuhan bernafas? Mereka terdiam.
Baiklah ikuti yang ibu instruksikan. Kata bu guru. Bu guru membagikan pelastik kecil, untuk menutup daun. Ujung pelastik harus ditutup ya?
Nanti setelah zuhur kita lihat apa yang ada didalam pelastik.
Setelah zuhur mereka tidak sabar untuk melihat hasil di dalam pelastik.
Bu kok ada airnya di dalam pelastik kata Dzakwan.
Iya bu di pelastik saya juga basah. Ujar yang lainnya.
Iyaa... seru bu guru. Itulah yang membuktikan kalau tumbuhan bernafas. Merekapun mengangguk-angguk.
Bu kok ada airnya di dalam pelastik kata Dzakwan.
Iya bu di pelastik saya juga basah. Ujar yang lainnya.
Iyaa... seru bu guru. Itulah yang membuktikan kalau tumbuhan bernafas. Merekapun mengangguk-angguk.
Pembelajaranpun ditutup dengan membaca doa.
0 komentar